Kamis, 27 Januari 2011

Apparel Cewek, Selain Gaya Juga Safety



Jakarta - Sekarang tak sedikit toko aksesori motor yang menyediakan apparel buat pengguna motor perempuan. Bahkan bisa dibilang, apparel yang tersedia untuk keperluan dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Itu karena, saat ini makin banyak cewek yang menggunakan motor untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, tak sedikit juga yang hanya jadi boncenger.

“Cari perlengkapan berkendara buat perempuan sekarang lebih mudah. Soalnya banyak yang jual. Selain itu banyak barangnya yang fashionable namun tetap safety dipakainya,” ungkap Indriawati, pengusaha catering yang tinggalnya di Lenteng Agung, Jaksel.

Mau tahu apparel apa saja yang banyak dijual? Monggo jangan malu-malu...sikaattt.

HELM

Bila berbicara soal standar minimalnya, helm yang wajib digunakan adalah yang model halface. Nah kalau ingin lebih safety lagi, bisa pakai pakai helm yang modelnya full face.

Produsen helm lokal, rata-rata sudah memproduksi helm buat cewek. Warna-warna girly (pink, biru, hijau dll), bisa jadi penanda bahwa helm tersebut buat kaum hawa. “Corak gambar juga jadi penanda,” kata Kris Tugiono, dari toko aksesori Standar Motor di Jl. Lenteng Agung, Jaksel.

Oh ya, buat pilih helm jangan sembarangan. Pastikan pelindung kepala tersebut pas dengan ukuran kepala Anda. Jangan terlalu besar atau juga kekecilan dan yang paling penting mesti berlabel SNI.

SARUNG TANGAN

Jari cewek tuh lentik-lentik, beda dengan jari cowok. Makanya buat kaum hawa pastikan menggunakan pelindung tangan yang sesuai.

“Sekarang sudah ada sarung tangan khusus buat cewek. Karena peruntukannya buat cewek, maka warna dan ukurannya berbeda,” kata Nia, dari toko aksesori KMS di Kemanggisan, Jakbar.

Soal bahan, ada bebrapa macam yang ditawarkan. Dari yang menggunakan bahan kain sampai kulit. Bahkan ada juga yang bahannya campuran antara kulit dan kain.

Untuk model yang ditawarkan, hanya yang full menutupi jari. “Namanya juga buat cewek, kalau modelnya setengah saat keseringan kena panas bisa belang dong jarinya,” canda Nia.

JAKET

Perangkat ini sangat berguna untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. Namun bagi pengendara motor, fungsi sebenarnya dari jaket sebagai pelindung saat kita jatuh.

Mau tahu cara pilih jaket yang pas? “Enggak ada cara khusus sih, yang terpenting nyaman saat digunakan,” kata Idris Adrian dari produsen apparel jaket AHRS di Depok.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk buat jaket. Di antaranya adalah sweater, parasut dan Goretex. Biasanya jaket yang berbahan parasut dan Goretex, sudah menggunakan protector di bagian siku dan pundak. 

SEPATU

Sama seperti jaket, pakai sepatu buat naik motor itu mesti yang nyaman. Bukannya pakai model high heels, namun pemakaian sepatu jenis ini buat naik motor malah bikin ribet.

Seyogyanya buat cewek pengguna motor, pakai sepatunya yang enggak licin. Model-model sepatu sneakers bisa nyaman dipakai saat berkendara. Atau pilihan lainnya, sepatu boot berbahan kulit yang memang khusus buat naik motor.

Untuk yang ingin pakai sepatu boots, selain bisa beli jadi juga bisa pesan. Di Jakarta, pengrajin sepatu banyak terdapat di seputaran kampus Perbanas, Kuningan, Jaksel.

“Pembuatan sepatu pesanan, hanya butuh waktu 2 minggu saja,” kata H. Suprayitno, pemilik Pernas Shoes.

MASKER

Polusi udara sangat akrab dengan pengendara sepeda motor. Untuk meminimalisasi udara kotor yang masuk ke paru-paru, ada baiknya pakai masker saat berkendara.

Selain itu buat cewek, masker juga meminimalkan kotoran atau debu yang menempel di pipi dan seputaran wajah lainnya.

Untuk memilih masker, bisa beli yang biasa digunakan cowok. Atau pilih masker yang gambarnya identik dengan cewek. (mobil.otomotifnet.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...