Kamis, 27 Januari 2011

Subtitusi Kampas Rem Depan KLX 150, Mau Ekonomis atau Menggigit?




Jakarta - Kondisi kepepet sering membuat otak berpikir lebih cerdas. Seperti Agustinus Purwanto, mekanik bengkel Nero Speed di Purwokerto, Jateng. Saat mendapati salah satu pelanggannya yang pakai KLX 150S, kampas rem depannya habis.

Kebetulan saat cari spare-part orisinal, stok sedang kosong. Mau enggak mau agar motor tetap bisa dipakai dan piringan enggak kemakan, ya cari alternatif. Tentu bukan dengan bersemedi, tapi mencari padanannya.

”Setelah memperhatikan bentuk dan ukuran, sepertinya sama dengan milik Suzuki Thunder 125,” ujar pebengkel yang ngepos di Jl. Jatisari No.21A, Sumampir, Purwokerto.

Benar juga, ternyata kampas milik KLX 150S yang part number-nya 43082-0100, bentuknya sama dengan milik Thunder 125 (gbr.1) yang punya kode barang 59300-05840. Beruntung, part milik Thunder mudah didapat.

Namun tetap ada perbedaan sih. Milik Thunder 125 bahan kampas sedikit lebih empuk dan bagian belakang kampas dilengkapi pelat. ”Kepakeman dijamin, daya tahan juga tak jauh beda,” ujar mekanik berusia 30 tahun itu.

Oh iya, perbedaan lain ada di harga. Orisinal Kawasaki dijual Rp 100 ribu, sedang milik Thunder cukup Rp 66 ribu. Artinya lebih hemat Rp 34 ribu. Lumayan bisa untuk beli keperluan lain kan? 

Eh ternyata alternatifnya tak hanya milik Thunder 125 lo. Bisa juga pakai milik saudara dekat, yaitu dari KLX 250. ”Bahannya jauh lebih keras, daya cengkeraman pasti lebih bagus dibanding standar,” yakin Ari Dwiantoro dari bengkel Ngayun Speed di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

Namun kalau pakai milik KLX 250, konsekuensinya kantong jadi tipis. ”Mencapai Rp 285 ribu,” lanjut Ari. Waduh mahal ya! Kalau untuk harian, milik Thunder saja cukup lah.

Gimana pemasangannya? Berhubung bentuk sama persis, tentu tak ada beda. Mau tahu? Pertama kendurkan baut pengikat kampas pakai kunci L-5 (gbr.2), lalu buka baut pengikatkaliper dengan kunci sok atau ring 12 (gbr.3). Jika sudah terlepas, cabut baut pengikat kampas (gbr.4).

Nah tinggal tarik kampas rem yang telah habis (gbr.5). Sebelum memasang kampas baru, bersihkan dinding piston kaliper pakai air dan sabun. ”Jangan pakai bensin, agar sil kaliper tak melar,” lanjut Agus, sapaan Agustinus.

Setelah bersih biarkan sampai kering, baru tekan piston hingga masuk. ”Jika susah, buka dulu tutup master remnya,” papar mekanik yang lagi getol riset pacuan drag bike itu.(mobil.otomotifnet.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...